KAJIAN UKMPR: Peranan Penting Bakteri Escherichia coli dalam Berbagai Aspek Kehidupan Manusia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

[KAJIAN UKMPR]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Hallo Guys, kajian UKMPR kembali hadir menyapa kalian. Kali ini ada kajian menarik dengan judul :

Peranan Penting Bakteri Escherichia coli dalam Berbagai Aspek Kehidupan Manusia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Karya : M FAJAR SHIDIQ

Prodi : Biologi Reguler (2023)

Tema : MIPA

Yuk disimak ! Semoga bermanfaat


Tahukah kalian bahwa bakteri memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia?

    Bakteri merupakan kelompok organisme mikroskopis prokariotik dan uniseluler, walaupun berukuran kecil, bakteri memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Sebagian bakteri dikenal bermanfat untuk kehidupan antara lain memberikan dampak manfaat pada sektor industry pangan, dan sebagian lain merugikan, seperti bakteri yang membawa penyakit atau membusukkan bahan bahan makanan. Bakteri yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia akan dibahas pada tulisan ini salah satunya Escherichia coli atau lebih dikenal dengan singkatan E. coli.

Bagaimana karakteristik bakteri Escherichia coli?

    Escherichia coli tumbuh optimum pada suhu 37ºC dengan pH 7 (Arivo dan Annisatussholeh, 2017). Escherichia coli adalah bakteri gram negatif berbentuk batang berukuran 1,0–1,5 µm x 2,0–6,0 µm, berflagel berukuran 0,4-0,7 µm x 1,4 µm serta memiliki simpai, dapat tumbuh dengan atau tanpa oksigen, bersifat anaerobik dan mentolerir defisiensi nutrisi, E.coli memiliki panjang sekitar 2 µm, diameter 0,7 µm, lebar 0,4-0,7 µm, serta memiliki koloni yang berbentuk bundar, cembung dengan tepi yang halus dan nyata.

Bagaimana peranan bakteri Escherichia coli pada tubuh manusia?

    Escherichia coli merupakan bagian penting dari saluran usus manusia untuk membantu dalam proses pencernaan. Akan tetapi, beberapa E. coli bersifat patogen, yang artinya dapat menyebabkan penyakit, seperti diare maupun penyakit diluar saluran usus.

    Meskipun bakteri E.coli sering dikaitkan dengan penyakit dan masalah kesehatan, ada beberapa Peranan penting E. coli dalam berbagai aspek kehidupan dan mungkin jarang diketahui banyak orang :

  • Proses pencernaan
     
    Bakteri E. coli memiliki peran tertentu dalam tubuh manusia, terutama pada usus manusia. Beberapa Strain E. coli adalah bagian alami dari flora usus manusia dan membantu dalam pencernaan makanan. Dimana mereka akan memecah karbohidrat kompleks dan membantu dalam penyerapan nutrisi penting.

  • Produksi Vitamin K

    Beberapa Strain E. coli menghasilkan vitamin K di dalam usus, dimana vitamin ini bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah normal. Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan masalah pembekuan darah. Vitamin K yang dihasilkan dari E. coli ini berfungsi untuk pembekuan darah ketika terjadi pendarahan seperti luka/mimisan.

Tahukah kalian bahwa bakteri Escherichia coli juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan?

    Meskipun E. coli dianggap sebagai patogen, beberapa Strain E. coli tidak berbahaya serta dapat digunakan dalam pengembangan vaksin. E. coli dapat diubah secara genetik untuk memproduksi antigen dari patogen lain, selain itu juga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut.

Bakteri Escherichia coli juga berperan dalam pengurangan jumlah polutan di lingkungan loh kawan!


    E. coli juga dapat berperan dalam bioremediasi untuk mengurangi jumlah polutan di lingkungan. Bioremediasi merupakan pengurangan jumlah polutan di lingkungan dengan menggunakan mikroorganisme. Struktur kimia polutan beracun dirubah oleh enzim enzim yang dihasilkan dari mikroorganisme. Beberapa Strain E. coli memiliki kemampuan untuk mendegradasi bahan pencemar di lingkungan, seperti minyak bumi, logam berat, dan senyawa kimia berbahaya lainnya.

Peranan E.coli untuk pengembangan teknologi rekombinasi DNA

    Beberapa Strain E. coli, khususnya Strain K-12, telah menjadi subjek penting dalam ilmu pengetahuan, pengembangan dan penelitian Genetika dan Biologi Molekuler. Mereka telah digunakan sebagai model untuk memahami konsep biologis dasar dan pengembangan teknologi rekombinasi DNA. Menurut Mackie et al., 1971, bakteri E. coli banyak digunakan dalam rekayasa genetika, penggunaannya adalah sebagai vektor untuk menyisipkan gen-gen tertentu yang diinginkan untuk dikembangkan. E. coli termasuk salah satu pilihan yang digunakan dikarenakan pertumbuhannya sangat cepat dan mudah ditangani.

    Semoga tulisan ini memberikan manfaat dan bisa menambah wawasan bagi pembaca kajian UKMPR dan tetap semangat menjalani hari hari dengan semangat positif and have a nice day.


Daftar Pustaka

Arivo, D. dan N. Annissatussholeh. 2017. Pengaruh Tekanan Osmotik pH dan Suhu Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia coli. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. 4(3): 153-160.

Hawa, L.A. B. Susilo, dan N.E Jayasari. 2011. Studi Komparasi Inaktivasi Escherichia coli dan Perubahan Sifat Fisik Pada Pasteurisasi Susu Sapi Segar Menggunakan Metode Pemanasan dan Tanpa Pemanasan dengan Kejut Medan Listrik. Jurnal Teknologi Pertanian.12(1): 31-39.

Mackie, I.M, Hardy, R., & Hoobs, G. 1971. Fermented Fish Product. FAO Fishries Reports. 100:32 p. FIIP/R100. Roma: FAO United Nation.

Rahayu, W.P, S. Nurjanah, dan E. Komalasari. 2018. Escherichia coli: Patogenitas, Analisis dan Kajian Risiko. IPB Press. Bogor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN UKMPR: Aroma Petrichor yang Menenangkan

“Trik Lolos Karya Tulis, PMW dan PKM”

KAJIAN UKMPR: Contract Farming: Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Krisis Pangan dan Stabilitas Ekonomi Harga Pasar untuk Mewujudkan Good Governance