KAJIAN UKMPR: Hiu Paus (Rhincodon typus)


[KAJIAN UKMPR]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Hallo guys, kali ini kajian UKMPR kembali hadir nih. Nah buat hari ini ada kajian menarik dari sahabat kita yang berjudul:


Hiu Paus (Rhincodon typus)

Karya:

Clarissa Ayuning Samudira

Biologi Reguler (2023)

Yuk disimak!

Semoga bermanfaat

 

Kalian tau gak sih, apa itu Hiu Paus?

Hiu paus (Rhincodon typus) adalah ikan terbesar di dunia. Hiu paus dapat mencapai berat 20 ton dan panjang 18 meter. Mereka adalah salah satu spesies laut yang paling banyak tersebar di perairan tropis, subtropis, dan hangat di seluruh dunia. Mereka makan plankton yang disaring dari kolom air oleh mulut yang besar dan ompong mereka. Hiu paus sangat disukai oleh wisatawan dan peneliti karena sifatnya yang lembut dan tidak memiliki predator alami.

 

Seperti apa habitat dan perilaku Hiu Paus?

Habitat dan penyebaran hiu paus dapat berubah-ubah dan mereka menunjukkan berbagai tindakan dan perilaku sebagai tanggapan terhadap mangsa yang tersedia dan kondisi lingkungan. Sebagai hewan pelagis, paus menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan terbuka, tetapi mereka juga dapat ditemukan di perairan pantai. Pola pemanfaatan habitat yang dinamis yang ditunjukkan oleh paus termasuk berenang di permukaan pantai pada siang hari dan berputar vertikal secara teratur di perairan samudra pada sore dan malam hari. Mereka adalah ikan penyelam terdalam yang pernah tercatat, menyelam hingga 1.928 meter. Mereka dapat mencari makan di tempat yang banyak plankton karena mereka dapat menyelam.

Gambar 1. Hiu Paus

Apa saja ancaman yang dihadaoi dan bagaimana perlindungannya?

Meskipun populasi hiu paus tergolong besar dan tersebar di seluruh dunia, aktivitas manusia membahayakan hiu paus. Tangkapan sampingan dalam jaring ikan, penyiripan sirip (kebiasaan mengambil sirip hiu untuk dibuat sup), tabrakan kapal, dan dampak perubahan iklim adalah beberapa ancaman. Selain itu, hiu paus sering tertangkap sebagai tangkapan tambahan selama penangkapan ikan, yang sering menyebabkan kematian. Langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi hiu paus yaitu dengan cara membuat kawasan konservasi perairan (KKP), peraturan penangkapan ikan, dan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Pentingnya penelitian Hiu Paus dan startegi konservasi

Penelitian tentang hiu paus, seperti penelitian yang dilakukan di Samudra Pasifik Timur Tropis telah memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana mereka bergerak, berperilaku, dan menggunakan habitat mereka. Penelitian ini menggunakan pelacakan satelit untuk mempelajari pergerakan hiu paus yang ditandai dan menemukan bahwa mereka tidak hanya mencari makan di zona ekonomi eksklusif Panama, tetapi juga bermigrasi ke utara dan selatan melalui pesisir pantai dan lautan lepas. Studi ini menunjukkan bahwa KKP, kawasan penangkapan ikan industri, dan lalu lintas kapal laut sangat penting untuk penggunaan habitat hiu paus. Ini juga menekankan betapa pentingnya memiliki strategi konservasi yang efisien untuk melindungi habitat ini.

Gambar 2. Konservasi Hiu Paus

Dapat disimpulkan bahwa sebagai konsumen utama plankton, hiu paus memainkan peran penting dalam ekosistem laut. Mereka menarik untuk penelitian dan konservasi karena distribusi dan perilaku global mereka yang dinamis. Hiu paus masih menjadi salah satu spesies yang paling terancam punah, meskipun menghadapi banyak ancaman. Ini menunjukkan betapa pentingnya upaya terus-menerus untuk melindungi dan melestarikan spesies luar biasa ini.

Sekian kajian tentang Hiu Paus, semoga kita semua mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat. Enjoy your day, guys!

 

Daftar Pustaka :

Guzman, H. M., Collatos, C. M., & Gomez, C. G. 2022. Movement, behavior, and habitat use of whale sharks (Rhincodon typus) in the tropical eastern pacific ocean. Frontiers in Marine Science. 9(793248).

Irfan, M., F., R. & Putri, A., W. 2017. Upaya Melindungi Hiu demi Lestari Ekosistem Laut. https://tirto.id/upaya-melindungi-hiu-demi-lestari-ekosistem-laut-cB84. Diakses tanggal 18 April 2024.

Iswara, A., J. 2020. Upaya-upaya untuk Melestarikan Hiu Paus Berjalan di Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/01/22/upaya-melestarikan-hiu-paus-berjalan-indonesia.  Diakses tanggal 18 April 2024.

Nugraha, B., Dharmadi, D., & Wiadnyana, N. N. 2020. Status pemanfaatan dan upaya penanganan hiu paus (Rhincodon typus) terdampar di perairan Indonesia. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia. 12(1): 47-57.

Nugraha, T., R. 2022. Tak Hanya Perburuan, Aktivitas Pelayaran juga Mengancam Populasi Hiu Paus. https://theconversation.com/tak-hanya-perburuan-aktivitas-pelayaran-juga-mengancam-populasi-hiu-paus-191769. Diakses tanggal 18 April 2024. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN UKMPR: Aroma Petrichor yang Menenangkan

“Trik Lolos Karya Tulis, PMW dan PKM”

KAJIAN UKMPR: Contract Farming: Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Krisis Pangan dan Stabilitas Ekonomi Harga Pasar untuk Mewujudkan Good Governance