KAJIAN UKMPR: To Do List : Mengelola Rasa Malas dengan Membuat To Do List Terstruktur

 [KAJIAN UKMPR]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Halo guys, kajian UKMPR kembali hadir menyapa kalian. Nah, kali ini ada kajian menarik dengan judul:

 

To Do List : Mengelola Rasa Malas dengan Membuat To Do List Terstruktur

 

Karya: Dzaki Zain

Prodi: Administrasi Publik (2023)

Tema: Sosial

Editor: Cahayara Selmanita

 

Yuk disimak!

Semoga bermanfaat


Pernahkah Anda merasa malas ketika akan melakukan aktivitas?

Rasa malas seringkali muncul ketika kita akan melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa kita sadari, hal tersebut akan membuat pekerjaan menjadi tertunda. Menunda pekerjaan sama saja menumpuk tugas-tugas yang ada sehingga rasa malas justru akan semakin bertambah. Hal ini tentunya dapat berpengaruh pada produktivitas kita semakin menurun. Menunda pekerjaan juga dapat menyebabkan permasalahan lain seperti sakit akibat terbebani dengan pekerjaan yang menumpuk sehingga pikiran menjadi tidak fokus.

Gambar 1. Orang Malas

 

Apakah Anda tahu apa itu malas?

Malas adalah perilaku seseorang yang cenderung tidak aktif dan kurang semangat dalam melakukan aktivitas. Hal tersebut merupakan dampak dari kurangnya kecakapan dalam mengelola waktu dan kurangnya kedisiplinan (Bela & Ratna, 2018). Menurut KBBI, rasa malas berarti tidak mau bekerja dan mengerjakan sesuatu. Malas juga dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang menunda pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dengan potensi dan energi yang dimiliki. Ciri orang yang mempunyai sifat malas yaitu tidak peduli dengan kualitas pekerjaan selama pekerjaan itu selesai, tidak sesuai aturan dan lebih sering menunda-nunda.

 

Lalu, bagaimana solusi untuk melawan rasa malas?

Untuk menghadapi rasa malas yang bisa saja menghampiri, kita dapat membuat to do list yang terstruktur untuk mengatasi masalah tersebut. To do list tersebut dapat memudahkan kita untuk mengatur jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan dan memastikan semuanya diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Dampak positif dengan adanya to do list yang terstruktur dapat mengurangi resiko untuk melewatkan jadwal ataupun tugas yang harus kita laksanakan. Semangat dan tingkat produktivitas harian kita juga dapat meningkat seiring dengan menerapkan pola tersebut. Ketika aktivitas dirancang dengan baik dan pekerjaan selesai tepat waktu, kita dapat mengisi waktu luang untuk melakukan hobi agar dapat mengembalikan energi. Manfaat lain dengan membuat to do list yang terstruktur adalah dapat mengurangi stres dan rasa cemas sehingga peluang untuk mengalami stres sangat kecil.

Gambar 2. To do list

 

Bagaimana strategi membuat to do list yang efektif?

Strategi untuk membuat to do list yang efektif yaitu dengan cara memprioritaskan kegiatan atau tugas sesuai dengan jadwal dan pastikan daftar kegiatan tertata dengan baik. Kita dapat menulis daftar kegiatan tersebut pada selembar kertas atau notes handphone. Gunakan poin atau angka pada setiap kegiatan agar lebih mudah untuk memprioritaskan dan mencentang ketika sudah selesai. Dengan demikian, kegiatan yang kita akan laksanakan menjadi terstruktur dan jelas sehingga dapat berdampak baik terhadap produktivitas harian kita.

Wah ternyata membuat to do list sangat membantu yaa. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca setia kajian ilmiah UKMPR.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ayu, M. 2023. 4  dampak  positif  membuat  to-do-list  bagi  produktivitas  sehari-hari. URL: https://kids.grid.id/read/473667638/4-dampak-positif-membuat-to-do-list-bagi- produktivitas-sehari-hari?page=all. Diakses tanggal 20 April 2024.

Bella, M. M., & Ratna, L. W. 2018. Perilaku malas belajar mahasiswa di lingkungan kampus Universitas Trunojoyo Madura. Journal of Management Studies, 12(2): 280-303.

Firlyana, F. 2023. To do list: pengertian, cara membuatnya, dan tips. URL: https://dailysocial.id/post/to-do-list. Diakses tanggal 20 April 2024.

Itsojt. 2019. Menjadi orang malas tak selamanya buruk. URL: https://www.its.ac.id/news/2019/10/27/menjadi-orang-malas-tak-selamanya-buruk/. Diakses tanggal 20 April 2024.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN UKMPR: Aroma Petrichor yang Menenangkan

“Trik Lolos Karya Tulis, PMW dan PKM”

KAJIAN UKMPR: Contract Farming: Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Krisis Pangan dan Stabilitas Ekonomi Harga Pasar untuk Mewujudkan Good Governance