KAJIAN UKMPR: MOCAF: (Modified Cassava Flour) sebagai Upaya Diversifikasi Pangan Tepung Terigu dalam Pembuatan Mi Kering

[ KAJIAN UKMPR ]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Halo guys, kajian UKMPR kembali hadir nih. Nah buat hari ini ada kajian menarik dari sahabat kita yang berjudul:

 

MOCAF: (Modified Cassava Flour) sebagai Upaya Diversifikasi Pangan Tepung Terigu dalam Pembuatan Mi Kering

 

Nama  : Anindya Iftina Putri

Prodi  : Teknologi Pangan (2023)

Tema  : Pertanian

Editor : Muflikhatun

 

Yuk, disimak!

Semoga bermanfaat.

 

Pentingnya diversifikasi pangan melalui komoditas singkong

        Diversifikasi pangan memiliki arti penganekaragaman konsumsi pangan masyrakat di suatu daerah agar tidak bergantung pada satu komoditas saja. Indonesia sebagai negara agraris memiliki banyak potensi untuk mengembangkan program diversifikasi pangan agar masyarakat Indonesia tidak bergantung pada satu komoditas saja, yaitu beras. Selain itu, diversifikasi pangan dapat menjadi salah satu cara untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia. Salah satu komoditas terkenal dan mudah didapatkan adalah ubi kayu atau yang biasa masyarakat Indonesia sebut dengan nama singkong. Singkong memiliki nama ilmiah Manihot esculante adalah tanaman tanaman perdu tropis yang banyak tersebar di Indonesia. Berdasarkan data dari BPS daerah Sumatra Barat produksi singkong tahun 2022 di Sumatra barat mencapai 143,3 ton (BPS, 2022).


Gambar 1. Singkong

Apa saja produk olahan dari singkong?

      Banyak cara untuk menikmati singkong. Singkong dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti keripik singkong, combro, kroket, atau yang paling mudah digoreng pada minyak panas. Namun, singkong juga dapat dikembangkan menjadi produk turunan tepung, yaitu tepung mocaf (modified cassava flour). Prinsip tepung mocaf adalah memodifikasi sel singkong dengan bakteri asam laktat melalui proses fermentasi sehingga tepung yang dihasilkan memiliki karakteristik dan kualitas yang hampir sama dengan tepung terigu yang terbuat dari gandum (Subagio, 2007).


Gambar 2. Tepung mocaf

Apasih perbedaan tepung mocaf dengan tepung terigu?

        Tepung mocaf memiliki perbedaan dengan tepung terigu, yaitu tepung mocaf adalah tepung rendah gluten. Sehingga, tepung mocaf sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang ingin melakukan diet. Selain itu, tepung mocaf juga mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Komponen yang terdapat pada tepung mocaf sangat cocok untuk mensubtitusikan tepung terigu pada olahan mie kering. Berdasarkan penelitian dan uji coba yang dilakukan oleh Astuti, dkk (2023), tepung mocaf dapat menjadi bahan utama pembuatan mi kering. 


Gambar 3. Mie kering

Mengapa tepung mocaf bisa menjadi alternatif dalam pembuatan mie kering?

      Mie kering adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung dan dikeringkan. Mie menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Penggunaan tepung mocaf sebagai bahan subtitusi pada pembuatan mi kering dapat menjadi cara diversifikasi pangan lokal dan menjadi alternatif lain dari tepung terigu yang terbuat dari gandum. Secara komponen kandungan karbohidrat pada tepung mocaf sangat tinggi dan kandungan proteinnya sangat rendah sedangkan produk mie memiliki standar SNI yaitu kandungan protein pada mi kering sekitar 8-10%. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, dapat digunakan bahan tambah pangan yang tinggi seperti kacang kedelai.

Kedelai juga bisa menjadi bahan tambahan pada mie kering loh

     Kacang kedelai juga menjadi komoditas yang banyak diproduksi di Indonesia, banyak produk olahan kacang kedelai seperti tepung kedelai yang akan menjadi bahan pangan tambahan pada pembuatan mi kering. Sehingga, tepung mocaf bisa menjadi salah satu cara diversifikasi pangan agar masyarakat Indonesia tidak bergantung pada tepung terigu.

     Wah ternyata kajian ilmiah kali ini udah sampai pada penutup nih. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca setia kajian ilmiah UKMPR dan semangat menjalani hari-harinya and have a nice day!


Daftar Pustaka:

Astuti, S. D., Ayuningtyas, L. P., & Haryani, I. F. 2023. Optimization of formula and physicochemical characterization of noodles based on modified cassava flour with addition of soybean flour and skim milk. Indonesian Journal of Food Technology. 2(2): 202-220.

Badan Pusat Statistik. 2022. Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Ubi Kayu 2020-2022. https://sumbar.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjIjMg==/luas-panen--produksi--dan-produktivitas-ubi-kayu.html. Diakses pada tanggal 21 April 2024.

Hadistio, A., Jumiono, A., & Fitri, S. 2019. Tepung mocaf (modified cassava flour) untuk ketahanan pangan indonesia. Jurnal Ilmiah Pangan Halal. 1(1).

Salim, E. 2024. Mengolah Singkong Menjadi Tepung Mocaf, Bisnis Produk Alternatif Pengganti Terigu. Edisi ke-1. Lily Publisher: Yogyakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN UKMPR: Aroma Petrichor yang Menenangkan

“Trik Lolos Karya Tulis, PMW dan PKM”

KAJIAN UKMPR: Contract Farming: Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Krisis Pangan dan Stabilitas Ekonomi Harga Pasar untuk Mewujudkan Good Governance