UKMPR Adakan Soedirman Science Competition (SSC) ke-5



[Jum’at, 17 September 2016] Soedirman Science Competition (SSC) ke-5 yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR) resmi dibuka oleh Perwakilan Kemahasiswaan Universitas Jenderal Soedirman. Bertempat di Gedung Rektorat lt.1, pada pukul 08.30 WIB. SSC merupakan agenda tahunan UKMPR, yang berisikan berbagai lomba dan kegiatan, dari mulai LKTI Mahasiswa tingkat Nasional, LKTI Siswa SMA tingkat Nasional SMA, Temu Wilayah Regional III ILP2MI dan Seminar Nasional. Peserta yang hadir pun datang dari beragam wilayah di Indonesia, dari mulai Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, bahkan Sulawesi dan dari Mataram pun menjadi pesertanya.

Setelah pembukaan secara resmi, dilanjut dengan presentasi final LKTI Mahasiswa, dan LKTI Siswa yang bertempat di gedung rektorat. Presentasi ini berlangsung seru, tegang dan serius, mengingat mereka harus menampilkan hasil inovasi dan gagasan terbaik di depan juri yang ahli di bidangnya. Agenda presentasi final berakhir pada sore hari pada pukul 15.00 WIB. Keesokan harinya (18/9) terdapat dua agenda, yaitu Temwil Regional III ILP2MI dan Fieldtrip. Finalis LKTI dimanjakan dengan agenda fieldtrip yaitu berwisata ke beberapa objek wisata di Kota Purwokerto, sekaligus memperkenalkan budaya dan alam yang sangat indah di Kota Purwokerto. Ditempat lain, yaitu di Ruang Rapat Gedung LPPM Lt. 2 dilaksanakan Temwil Regional III ILP2MI, yang dihadiri oleh perwakilan UKM keilmiahan yang berdomisili Jateng dan DIY. Malam hari nya (18/9), peserta mengikuti agenda Malam Keakraban (Makrab) dengan konsepan sederhana, santai namun mengasikan, peserta dapat bercengkrama dengan peserta lain, serta panitia, peserta pun terlihat sangat menikmati makrab tersebut.


Pada Minggu, 18 September 2016, dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional yang bertemakan Indonesia Mandiri, mengundang pembicara yang sangat berkompeten dibidangnya, Bapak Hasan Basri, MM. dari Dinas ESDM Jawa Tengah, Bapak Hardi Julendra, S.Pt., M.Sc. dari Kepala Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI Yogyakarta, dan Prof. Dr. Rifda Naufalin, S.P., M.Si Selaku Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed. Seminar nasional ini diakan di Auditorium, Gedung Rodhiro, FEB Unsoed. Peserta terlihat aktif mengikuti jalannya agenda, banyak pula pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Diakhir acara adalah agenda yang ditunggu-tunggu, pengumuman juara LKTI Mahasiswa dan LKTI Siswa. Berikut daftar juara The Fifth Soedirman Science Competition,

Keterangan
Ketua Tim
Judul Karya
LKTI Mahasiswa
Juara I
Risky Firmansyah
Universitas Jenderal Soedirman
Bioremediasi Hidrokarbon Minyak Bumi . . .

Juara II

Dieta Wahyu Asry
Universitas Negeri Semarang

Smart Flower Cleaner – Robot Filter Asap . . .

Juara III

Raden Khaerul P.
Universitas Mataram

Strategi Inovatif dalam Pemanfaatan Tanah Waqaf . . .

Poster Terbaik

Untung Adi Santosa
Universitas Gadjah Mada

Pemanfaatan Gelombang Suara Jangkrik (Gryllidae) . . .
LKTI Siswa
Juara I
M. Syaikhul Hanif
SMA N 1 Wringinanom
Fermentasi Limbah Tetes Tebu (Mollasses) Dari Sisa Pabrik . . .

Juara II

Alifia Nur Faizah
SMA N 1 Kebumen

Potensi “Siperih” Bioinssektisida dari Daun Sirsakm Pepaya . . .

Juara III

Reza Ishak Estiko
SMA N 1 Bandung

Kemenyan dan Pengaruhnya Terhadap Beberapa Aspek . . .

Poster Terbaik

Hafidh Nur Haq
MAN 3 Kediri

Potensi Mineral Lempung (Bentonit) Teraktivasi . . .

UKMPR sebagai UKM yang bergerak dibidang keilmiahan dan penelitian akan terus berkomitmen untuk meningkatkan iklim keilmiahan di Indonesia, khususnya di Universitas Jenderal Soedirman. Salah satunya dengan agenda SSC ini. Semoga agenda SSC ini terus berlanjut dan dapat lebih baik lagi kedepannya, agar terus memberikan sumbangsih dalam percepatan iklim keilmiahan dan kepenulisan di Indonesia.
Bravo UKMPR!
Bravo Unsoed! 

Komentar