KAJIAN UKMPR 7






πŸ“–KAJIAN UKMPR]πŸ“–

Hallo guys
Apa kabar semuanyaaa???
.
Kali ini kajian UKMPR kembali hadir nih, πŸ˜πŸ˜€
.
Nah buat hari Selasa ini ada kajian menarik dari sahabat kita yang berjudul :

ES KRIM BAWANG PUTIH, SOLUSI ALTERNATIF OBAT UNTUK BERBAGAI MACAM PENYAKIT
Oleh : Imtiyazul Aghniya, Kimia 2017

Yuk disimak!
Semoga bermanfaat


Nikmat sehat yang dianugerahkan kepada kita hendaknya dijaga dengan baik, contohnya dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan dengan baik. Tidak sedikit dari kita yang malas meminum obat untuk menghilangkan penyakit ringan seperti pusing, flu, batuk, dan sebagainya dengan dalih nantinya penyakit itu akan hilang dengan sendirinya atau karena alasan obat tidak enak rasanya. Padahal, bisa saja penyakit yang dibiarkan tersebut bertambah parah jika tidak mengkonsumsi obat.

Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter. Patologi adalah pelajaran tentang penyakit1.
Diperlukannya solusi lain agar masyarakat pada umumnya tidak lagi malas mengkonsumsi obat baik itu obat berbahan kimia maupun herbal. Obat merupakan sedian atau paduan bahan-bahan yang siap digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistim fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan, kesehatan dan kontrasepsi2.

Pemanfaatan bawang putih menjadi es krim merupakan salah satu inovasi agar masyarakat tidak lagi malas mengkonsumsi obat. Ketika mendengar kata es krim bawang putih yang terngiang di pikiran kita pasti bagaimanakah rasa es krim yang manis dipadukan dengan rasa dan aroma khas bawang putih yang menyengat? Tenang saja, menurut seorang pakar tani sekaligus pendiri balai penelitian besar di Yogyakarta, Bapak Ir. RM. H. Gembong Danudiningrat, membekukan bawang putih dapat menghilangkan aroma kurang sedap dari bawang putih tersebut. Selain itu, penambahan vanili dalam pembuatan es krim juga dapat mengurangi aroma bawang tersebut.

Cara membuat es krim bawang putih sama seperti membuat es krim pada umumnya, hanya saja dengan tambahan komposisi bawang putih tentunya.
Cara membuatnya pun mudah, tidak jauh berbeda dengan membuat es krim lezat pada umumnya.
Pembuatannya diawali dengan menghaluskan bawang putih beku kemudian disaring. Selanjutnya didihkan campuran telur, susu cair, perasan jeruk lemon, dan perasan bawang putih.
Setelah mendidih diamkan campuran sampai uapnya hilang. Selanjutnya campuran tersebut dicampur dengan susu kental manis, vanili, dan emulsifier yang sebelumnya telah dicairkan dengan mixer selama 10 menit.
Adonan es krim kemudian dituangkan ke dalam wadah dan tutup hingga rapat.
Selanjutnya adonan dimasukkan ke dalam freezer selama 3 jam. Setelah 3 jam, mixer kembali adonan tersebut dan kemudian dibekukan lagi.
Pengocokan kembali dilakukan agar tekstur es krim semakin lembut. Setelah 3 jam dibekukan es krim bawang putih yang sehat dan lezat pun siap disantap.

Bawang putih yang bernama latin Allium sativum Linn umum digunakan sebagai bumbu masak. Bahkan, memasak tanpa bawang putih, ibu-ibu akan merasa yakin jika makanan tak akan bisa sedap dan lezat. Nutrisi yang ada pada bawang adalah paling banyak adalah  zat aliin. Yaitu Zat yang akan berubah menjadi alisin, dan selanjutnya akan menghasilkan  bau pada bawang yang menyengat oleh sulfur atau belerang yang terkandung di dalam alisin. Kegunaan alisin pada bawang putih ini justru sangat baik bagi tubuh, yaitu bisa berguna sebagai antioksidan, anti kanker, antitrombotik, antiradang, penurun tekanan darah dan dapat menurunkan kolesterol. Senyawa alisin juga dipercaya para ahli dapat  menghancurkan pembekuan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke, darah tinggi dan gangguan jantung.
Bawang putih juga mengandung senyawa lain selain aliin, yaitu  senyawa alil. Senyawa alil bermanfaat dalam mencegah penyakit degeneratif, karena bersifat dapat mengaktifkan pembentukan sel-sel baru. Manfaat bawang putih pada akhirnya dapat menekan kadar kolesterol, menangkal flu, membasmi cacing perut mengobati rematik dan mengurangi insomnia oleh beberapa senyawa kimiawi tersebut.

Berikut kandungan Bawang Putih dalam perbandingan per 100gramnya:
 Vitamin B1 : 0.22 mg
Vitamin C : 15 mg
Protein : 4.5 gram
Fosfor : 135 mg
Kalsium : 42 mg
Zat besi : 1 mg
Lemak : 0.20 gram
Karbohidrat : 23.10 gram
Kalori : 95 kal
Sisanya , Air : 71 gram 3.
Senyawa aktif lainnya yang terdapat pada bawang putih adalah awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.

Kegunaan dan Khasiat Bawang Putih Khasiat Bawang Putih :
Menurunkan kadar kolesterol darah, karena adanya senyawa aliil pada bawang putih.
Mencegah resiko penyakit jantung dan darah tinggi karena adanya senyawa aliin.
Bawang putih bisa membantu hati untuk memerangi  pembentukan senyawa kimia beracun dan senyawa kimia penyebab kanker dengan adanya kandungan Sulfida.
Bawang putih dapat Mengobati flu, hal ini karena rasa dan bau yang khas bawang putih dapat meningkatkan kerja membran mucous yang ada di saluran pernapasan sehingga sehingga lendir cepat keluar. Baik untuk pendewrita diabetes karena, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak.
Dan bawang putih bersifat membantu menghacurkan lemak3.

Jadi, sudah tertarikkah untuk membuat dan mencicipi sendiri sensasi unik es krim bawang putih? .

Sumber:
1https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit
2 Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2005. Kebijakan Obat Nasional, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
3https://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-bawang-putih-untuk-pengobatan-64.html

~

Kabinet INTEGRASI
Never Give Up !

===
Jangan lupa pantengin terus medsos UKMPR ya!
πŸ“±  Fanspage Fb : Ukmpr Unsoed
πŸ“±  Instagram : @ukmpr.unsoed
πŸ“±  Line@ : @pvg0902f
πŸ…±  Blog : ukm-penalaranriset.blogspot.co.id

Salam Riset!!!
Sukses!!!

#kabinetintegrasi #ukmpr #unsoed #purwokerto
[MEDIA UKMPR 2018]

Komentar