Kajian UKMPR : Stop Jadi People Pleaser
KAJIAN UKMPR]
Salam Riset !!! Sukses !!!
Hallo guys, kajian UKMPR kembali hadir menyapa kalian. Kali ini ada kajian menarik dengan judul:
Stop Jadi People Pleaser
Zeha Kirana
Matematika (2020)
Yuk disimak!
Semoga bermanfaat
Menurut seorang psikolog Amerika Serikat, Susan Newman, people pleaser adalah seseorang yang selalu menempatkan kepentingan orang lain sebelum kepentingan dirinya sendiri. Dengan kata lain, people pleaser selalu merasa "nggak enakan" terhadap orang lain secara berlebihan, alias terlalu merendah. Bagi para wanita, sifat ini juga bisa disebut dengan good girl syndrome.
Seorang people pleaser akan memiliki kecenderungan untuk melakukan apa pun agar orang lain tidak kecewa terhadapnya.
Lebih lanjut, seorang people-pleaser akan mendapatkan rasa aman dan percaya diri lewat persetujuan orang lain. Mereka perlu agar orang lain menyatakan atau menunjukkan bahwa mereka berharga untuk bisa percaya diri. Apabila ia tidak mendapatkan penerimaan atau pengakuan dari orang lain, seorang people-pleaser akan merasa minder, bingung, dan pada tahap tertentu merasa diri tidak pantas serta kurang baik.
Leon F Seltzer, psikolog di Evolution of the Self menyatakan bahwa akar dari sikap tersebut adalah dari lingkungan keluarga. Biasanya orang tua menuntut agar anak-anak mereka menjadi orang yang baik, dan selalu dapat menjadi kebanggaan. Orang tua yang selalu menginginkan agar anaknya terlihat kuat dan dapat selalu menjadi contoh, tanpa melihat adanya kebutuhan anak untuk dikasihi dan menjadi diri sendiri, Psychology Today menyebut.
People pleasers sering bertindak seperti yang mereka lakukan karena rasa tidak aman dan kurangnya harga diri.
Menurut Dr. Susan Newman , orang yang menyenangkan ingin semua orang di sekitar mereka bahagia… dan mereka akan melakukan apa pun untuk membuat mereka tetap seperti itu.
Mereka sering menjadi perfeksionis, melatih apa yang akan mereka katakan sebelum panggilan telepon , menata rambut mereka dengan cermat di cermin, dan menghabiskan berjam-jam menjelajahi internet untuk smartphone sempurna yang “mendefinisikan” mereka.
Tidak ada penyebab pasti mengapa seseorang menjadi people pleaser. Namun diketahui bahwa orang yang insecure dan memiliki trauma masa lalu, seperti pelecehan seksual atau broken home, cenderung akan tumbuh menjadi people pleaser.
Ada orang yang sangat baik terhadap orang lain, tapi ada juga people pleaser (penurut).
Berikut ini tanda-tanda people pleaser:
1. Merendahkan diri sendiri
People pleaser seringkali berurusan dengan harga diri yang rendah dan menarik harga diri mereka dari persetujuan orang lain.
Menurut Myers, people pleaser beranggapan dirinya hanya layak dicintai jika memberikan segalanya kepada orang lain.
Seorang people pleaser percaya orang-orang hanya peduli padanya saat dirinya berguna.
2. Membutuhkan orang lain agar disukai
People pleaser sering khawatir terhadap penolakan orang lain. Kekhawatiran ini sering kali mengarah pada tindakan spesifik yang dirancang untuk membuat orang lain senang sehingga mereka tidak melakukan penolakan.
Seorang people pleaser mungkin juga memiliki keinginan kuat untuk dibutuhkan, percaya bahwa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menerima kasih sayang dari orang yang membutuhkan.
3. Sulit mengatakan tidak
Mungkin khawatir bahwa mengatakan "tidak" atau menolak permintaan bantuan pada seseorang akan membuat mereka berpikir tidak peduli tentang mereka.
Menyetujui untuk melakukan apa yang mereka inginkan mungkin tampak seperti pilihan yang lebih aman, meskipun sebenarnya tidak punya waktu atau keinginan untuk membantu.
Banyak people pleaser setuju untuk melakukan sesuatu ketika mereka tidak suka, seperti membantu seseorang.
Tetapi pola ini dapat menyebabkan masalah, karena ini berarti kebutuhan mereka lebih penting daripada kebutuhan dia sendiri.
Beberapa orang mungkin menyalahgunakan kebaikan dan mengabaikan batasan kemampuan, karena mereka tahu seorang people pleaser akan melakukan apa yang mereka inginkan.
4. Sering meminta maaf tidak pada tempatnya
Apakah Anda selalu mengatakan "maaf" ketika ada yang salah bahkan saat bukan Anda yang salah?
People pleaser melibatkan kesiapan untuk disalahkan, bahkan ketika apa yang terjadi tidak ada hubungannya dengannya.
5. Cepat setuju, bahkan saat tidak terlalu setuju
Persetujuan sering kali tampak seperti cara yang pasti untuk mendapat persetujuan.
Jika mengikuti sesuatu yang tidak Anda setujui hanya untuk membuat semua orang bahagia, maka itu mengatur diri Anda (dan orang lain) untuk frustrasi di masa depan.
Jika kedua rencana memiliki kekurangan yang jelas, Anda merugikan semua orang dengan tidak angkat bicara.
6. Struggle dengan keaslian
People pleaser sering kali kesulitan mengenali perasaan mereka yang sebenarnya. Mereka terus mengesampingkan kebutuhan dirinya sendiri dan sulit mengakuinya.
Akhirnya, mereka bahkan mungkin tidak yakin tentang apa yang diinginkan atau bagaimana menjadi diri sendiri.
Mereka juga mungkin tidak dapat menyuarakan perasaan dengan sadar, bahkan ketika ingin berbicara untuk diri sendiri.
Misalnya, ketika menghindari memberi tahu pasangan bahwa mereka membuat Anda merasa tidak baik dengan memikirkan sesuatu seperti, "Mereka tidak bermaksud begitu, jadi jika saya mengatakan sesuatu, saya hanya akan menyakiti perasaan mereka."
Tetapi ini menyangkal fakta kunci dari situasi tersebut: mereka melukai perasaan Anda.
7. Seorang dermawan
Apakah Anda suka memberi kepada orang lain? Tapi lebih penting lagi, apa Anda memberi dengan tujuan disukai? Menurut Myers, people pleaser cenderung suka memberi.
"Anda mungkin memberi dan memberi lagi, berharap orang akan membalas dengan kasih sayang dan cinta yang Anda inginkan," katanya.
8. Tidak punya waktu luang
Hanya menjadi sibuk tidak berarti Anda menyenangkan orang. Tapi lihat bagaimana Anda menghabiskan waktu luang Anda.
Tanyakan pada diri Anda, setelah mengurus tanggung jawab penting seperti pekerjaan, pekerjaan rumah, dan mengasuh anak, apa yang tersisa untuk Anda? Apakah Anda punya waktu untuk hobi dan relaksasi?
Coba pikirkan kapan terakhir kali Anda melakukan sesuatu hanya untuk diri sendiri. Apakah Anda memiliki banyak momen seperti itu?
Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk diri sendiri, Anda mungkin memiliki kecenderungan people pleaser.
9. Tidak suka konflik dan pertengkaran
Menyenangkan orang cenderung melibatkan ketakutan akan kemarahan. Ini cukup logis.
Kemarahan berarti, "Saya tidak bahagia". Jadi, jika tujuan Anda adalah membuat orang bahagia, kemarahan berarti Anda gagal menyenangkan mereka.
Untuk menghindari kemarahan ini, Anda mungkin terburu-buru meminta maaf atau melakukan apa pun yang menurut Anda akan membuat mereka bahagia, bahkan saat mereka tidak marah kepada Anda.
Anda mungkin juga takut akan konflik yang tidak ada hubungannya dengan Anda.
Jika dua teman Anda bertengkar, misalnya, Anda dapat mencoba menawarkan saran atau tips untuk memperbaiki situasi sehingga mereka akan berteman lagi, bahkan dengan harapan mereka akan berpikir positif terhadap Anda karena membantu mereka berbaikan.
Berikut ini dampak yang bisa timbul jika Anda menjadi people pleaser:
• Anda merasa frustasi dan kesal
• Orang-orang memanfaatkan Anda
• Hubungan dengan orang lain tidak memuaskan Anda
• Stres dan kelelahan
• Mitra dan teman menjadi frustasi dengan Anda
Bagaimana cara mengatasinya?
Jika Anda ingin menghentikan perilaku menyenangkan orang lain, maka menyadari bagaimana perilaku ini muncul dalam hidup Anda adalah langkah pertama.
1. Tunjukkan kebaikan saat Anda bersungguh-sungguh
Tidak apa-apa, untuk mempraktikkan kebaikan. Tapi kebaikan tidak datang dari keinginan untuk mendapatkan persetujuan.
Selain itu, umumnya tidak melibatkan motif apa pun selain keinginan untuk membuat segalanya lebih baik untuk orang lain.
Sebelum Anda menawarkan bantuan, pertimbangkan niat Anda dan bagaimana tindakan tersebut akan memengaruhi perasaan Anda.
Apakah kesempatan untuk membantu orang lain membuat Anda bahagia? Atau apakah Anda akan merasa kesal jika tindakan itu tidak dibalas?
2. Berlatih menempatkan diri
Anda membutuhkan energi dan sumber daya emosional untuk membantu orang lain. Jika Anda tidak menjaga diri sendiri, Anda tidak akan mampu melakukan apa pun untuk orang lain.
Mengutamakan kebutuhan Anda sendiri bukanlah hal yang egois, melainkan itu hal yang baik.
“Tidak apa-apa menjadi orang yang memberi dan peduli. Namun, penting juga untuk menghormati dan memenuhi kebutuhan kita sendiri," kata Myers.
Ingatlah bahwa kebutuhan dapat melibatkan hal-hal seperti memberikan pendapat Anda dalam rapat kerja, merasa nyaman dengan emosi dan perasaan Anda, serta menanyakan apa yang Anda butuhkan dalam hubungan Anda.
3. Belajar menetapkan batasan
Menurut Myers, mengembangkan batasan yang sehat merupakan langkah penting dalam mengatasi perilaku yang menyenangkan orang.
Saat ada seseorang yang meminta bantuan Anda, pertimbangkan hal-hal berikut:
• Bagaimana perasaan Anda tentang tindakan tersebut? Apakah itu sesuatu yang ingin Anda lakukan atau Anda takutkan?
• Apakah Anda punya waktu untuk mengurus kebutuhan Anda sendiri dulu? Apakah Anda harus mengorbankan waktu luang terbatas atau melewatkan tugas yang diperlukan?
• Dengan membantu orang lain, apa yang Anda rasakan? Apakah itu akan membuat Anda merasa bahagia atau kesal?
4. Tunggu sampai Anda dimintai bantuan
Seorang people pleaser selalu siap dengan solusi apapun masalahnya. Anda menjadi sukarelawan untuk tugas rumah tangga di tempat kerja dan langsung memberikan saran ketika seorang teman menyebutkan masalah apapun.
Lain kali, tantang diri Anda untuk menunggu sampai seseorang secara eksplisit meminta bantuan.
Jika pasangan Anda mengomel tentang betapa buruknya bos mereka, misalnya, tunjukkan betapa Anda peduli dengan mendengarkan, alih-alih mencantumkan tip untuk menghadapi situasi tersebut. Mereka mungkin menginginkan empati dan validasi lebih dari apa pun.
5. Konsultasi dengan terapis
Tidak selalu mudah untuk mematahkan suatu kebiasaan seorang diri, terutama yang terbentuk di masa kanak-kanak atau sebagai akibat dari trauma.
Terapis dapat membantu Anda menjelajahi apa yang ada di balik kebutuhan Anda untuk membuat orang lain bahagia.
Meskipun tampaknya tidak ada penyebab yang jelas, mereka dapat menawarkan panduan tentang strategi mengatasi masalah untuk membantu Anda mengatasi cara-cara spesifik yang Anda cenderung untuk menyenangkan orang lain.
Menyenangkan orang mungkin terdengar seperti hal yang menyenangkan, tetapi itu tidak membantu Anda atau orang yang Anda cintai.
Jika Anda merasa lelah karena berusaha membuat semua orang bahagia, pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis tentang cara membuat diri Anda bahagia terlebih dahulu.
Daftar Pustaka
https://www.scienceofpeople.com/people-pleaser/ (Diakses, 8 Agustus 2021)
https://www.alodokter.com/ini-tanda-dan-cara-untuk-berhenti-menjadi-people-pleaser (Diakses, 8 Agustus 2021)
https://tirto.id/mengenal-people-pleaser-dan-cara-mengatasinya-empb (Diakses, 8 Agustus 2021)
Komentar
Posting Komentar