KAJIAN UKMPR: Benarkah Oralit Bantu Cegah Haus saat Berpuasa?

 


[ KAJIAN UKMPR ]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Halo guys, kajian UKMPR kembali hadir menyapa kalian. Kali ini ada kajian 

menarik dengan judul:


Benarkah Oralit Bantu Cegah Haus saat Berpuasa?

Vika Dwi A.

Biologi Reguler (2022)


Yuk disimak!

Semoga bermanfaat

Akhir-akhir ini beredar sebuah informasi yang berasal dari unggahan seseorang di twitter mengenai minum oralit dapat mencegah dehidrasi saat berpuasa. Hal tersebut menimbulkan efek panic buyying pada masyarakat. Persediaan oralit pun semakin sedikit di pasaran dan harga oralit menjadi naik atau lebih mahal dari biasanya. Lantas, benarkah oralit bantu cegah haus saat berpuasa?.

Oralit merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi akibat tubuh kehilangan banyak cairan. Oralit biasa digunakan untuk menangani dehidrasi sedang ataupun ringan pada penderita diare akut (Radlovic dkk., 2015). Diare merupakan penyakit yang menyebabkan orang yang menderitanya buang air besar dengan frekuensi lebih dari normal dan tinja yang dikeluarkan berbentuk cair (CaJacob dan Cohen,2016).Diare disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, maupun faktor lingkungan lainnya. Oralit mengandung natrium klorida (NaCl), Kalium klorida (KCl), trisodium sitrat hidrat, dan gula anhidrat yang dapat mengatasi dehidrasi. Kalium dan natrium berfungsi untuk memaksimalkan proses penyerapan cairan pada saluran pencernaan. Kandungan oralit dapat menyebabkan tubuh menjadi kembung, mual dan masalah kesehatan lainnya, jika di minum secara berlebih dan tubuh sedang dalam kondisi normal tidak mengalami diare.

Penggunaan oralit untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa adalah tidak tepat. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Prof. Dr. Dr. Ari Fahrial Syam Sp.PD-KGEH menyatakan bahwa “Oralit tidak diperuntukkan mencegah dehidrasi selama menjalankan puasa, tetapi oralit berfungsi untuk memulihkan orang yang dehidrasi akibat diare, bukan mencegah kondisi kekurangan cairan di dalam tubuh”. Menurut dr. Muslim Kasim berpendapat bahwa “Oralit jika dikonsumsi berlebihan padahal tubuh tidak kekurangan elektrolit atau tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa justru bisa berbahaya. Minum oralit berlebihan dapat menyebabkan kadar elektrolit dalam tubuh tinggi dari ambang normal dan menyebabkan mual muntah serta menganggu kesehatan,”. Pendapat lain juga mengatakan minum oralit saat tubuh dalam kondisi normal justru dapat memicu timbulnya masalah kesehatan karena terjadi gangguan pada gerakan organ usus. 

Pada kondisi tertentu seperti sedang sakit, cuaca yang panas, serta kondisi darurat lainnya diperbolehkan untuk mengonsumsi oralit namun, penggunaan oralit harus dengan anjuran dokter atau tenaga kesehatan ahli serta dengan dosis yang tepat. Penyalahgunaan penggunaan oralit dapat menyebabkan efek samping yang beragam seperti kejang, gatal, pusing, masalah ruam, perasaan gelisah,  gangguan pada sistem pernafasan, risiko terkena penyakit gula, dan risiko terkena penyakit radang sendi yang jika efek samping berlangsung lama dapat menimbulkan masalah komplikasi kesehatan yang parah. 

Menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi terhidrasi saat berpuasa sangatlah penting. Namun, peggunaan obat-obatan untuk mencegah hidrasi seperti oralit tidaklah tepat.


Daftar Pustaka:

Antara.2023.Oralit Bantu Cegah Haus Saat Puasa, Fakta atau Mitos?.

https://mediaindonesia.com/humaniora/568783/oralit-bantu-cegah-haus-saat-puasa-fakta-atau-mitos(Diakses Tanggal 29 Maret 2023 Pukul:10.00).

Fadli, R.2023.Cek Fakta: Benarkah Minum Oralit Cegah Haus saat Puasa?.

https://www.halodoc.com/artikel/cek-fakta-benarkah-minum-oralit-cegah-haus-saat-puasa.(Diakses Tanggal 29 Maret 2023 Pukul 09:30).

CaJacob, N. J., and Cohen, M. B.2016. Update on Diarrhea. Pediatrics in Review. 37(8):313–322.

Radlovic, N., Lekovic, Z., Vuletic, B., Radlovic, V., and Simic, D.2015. Acute diarrhea   in children. Srpski Arhiv Za Celokupno Lekarstvo.143(11–12):755– 762. 

Rahmawati, R., dkk.2022.Penyuluhan Penggunaan Oralit Pada Diare Anak dan Demo Cuci Tangan yang Baik dan Benar.Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(1):75-83.

Viska.2023.[DISINFORMASI] Minum Oralit di Waktu Sahur dapat Mencegah Dehidrasi saat Puasa. https://www.kominfo.go.id/content/detail/48142/disinformasi-minum-oralit-di-waktu-sahur-dapat-mencegah-dehidrasi-saat-puasa/0/laporan_isu_hoaks(Diakses Tanggal 29 Maret 2023 Pukul 10:20).


Semoga bermanfaat!

======================= 

KABINET ANGGARAKSA!

BERSAMA KITA BISA!


Jangan lupa staytune terus medsos UKMPR yaa✨

Fanspage fb : Ukmpr Unsoed

Instagram : @ukmpr.unsoed

Line : @pvg0902f

Blog : ukm-penalaranriset.blogspot.co.id

Youtube : UKMPR UNSOED

Tik Tok: unsoed.ukmpr

Telechanel: @ukmpr.unsoed

Telebot: @ukmprunsoed_bot


Salam Riset!!! Sukses!!!

#UKMPR #kabinetanggaraksa #unsoed #purwokerto

Komentar