KAJIAN UKMPR: Pasar Kreatif Jawa Barat : Simfoni Seni, Budaya, dan Ekonomi

 


[KAJIAN UMKMPR]

Salam Riset!!! Sukses!!! Halo guys, kali ini kajian UKMPR kembali hadir nih.

Nah buat hari ini ada kajian menarik dari sahabat kita yang berjudul:

Pasar Kreatif Jawa Barat : Simfoni Seni, Budaya, dan Ekonomi

Karya: Na’ilul Husna

Prodi: Agribisnis 2023

Tema: Ekonomi

Yuk disimak!

Semoga bermanfaat…

 

Tahukah kamu apa itu Pasar Kreatif?

Pasar adalah suatu tempat yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli untuk melakukan suatu transaksi ekonomi dari berbagai produk ataupun jasa. Ekonomi kreatif merupakan rangkaian kegiatan perekonomian yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dengan menghasilkan atau mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu. Terkait dengan hal tersebut, Provinsi Jawa Barat adalah provinsi yang kaya raya akan keragaman penciptaan kreativitas, budaya, dan manusia yang kreatif. Apalagi kota Bandung merupakan kota perintis ekonomi kreatif di ASEAN yang didukung dengan rata-rata masyarakatnya adalah 60% berusia produktif. Salah satu macam pasar yang memiliki fokus berkaitan dengan ekonomi kreatif di Indonesia adalah Pasar Kreatif Jawa Barat yang tepatnya berada di Jalan Pahlawan, Kota Bandung.


Ada Apa Saja di Pasar Kreatif Jawa Barat?

Pasar Kreatif Jawa Barat atau disebut The Park merupakan suatu wadah untuk menemukan berbagai macam kerajinan buatan warga Jawa Barat yang unik dan kreatif. Produk tersebut mulai dari fashion, aksesoris, lukisan, kerajinan tangan, hingga karya lainnya yang menarik. Selain itu, deretan kuliner khas Jawa Barat juga ditawarkan seperti cuanki, batagor, atau serabi dengan rasa yang otentik. Pasar Kreatif Jawa Barat menjadi destinasi wisata unik karena daya tarik utamanya yang menggabungkan kekayaan budaya lokal dengan kreativitas yang modern.

Siapa yang ikut berpartisipasi di Pasar Kreatif?

Tahukah kalian, bahwa di Pasar Kreatif Jawa Barat hanya UMKM lokal saja yang diizinkan berpartisipasi dan tidak mengizinkan adanya brand besar atau brand internasional untuk memamerkan karyanya. Oleh karena itu, kehadiran pasar kreatif ini tentu diharapkan dapat menjadi fasilitas untuk dapat mendukung UMKM yang ada di Jawa Barat dalam memasarkan produk mereka supaya dapat bersaing dengan brand lain yang sudah terkenal.

Keuntungan Bagi Warga Lokal

Beberapa keuntungan yang diperoleh dari adanya Pasar Kreatif Jawa Barat yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal sebab para pelaku usaha kreatif yang berjualan di Pasar Kreatif Jawa Barat telah merasakan adanya peningkatan pendapatan sebesar 30% sejak awal beroperasi dan penambahan lapangan kerja baru. Pasar ini juga telah banyak menjadi daya tarik bagi wisatawan luar daerah yang ingin menikmati pengalaman berbelanja unik, mengeksplorasi seni dan budaya lokal hingga berinteraksi langsung dengan para pelaku industri kreatif. Adanya pusat kreatif di pasar seperti distrik fashion, galeri seni, dan kafe unik juga telah menarik wisatawan lain dari luar negeri yang dapat membantu meningkatkan branding produk lokal Jawa Barat yang lebih dikenal.

Peran Pasar Kreatif dalam Menjaga Warisan Budaya

Pasar Kreatif Jawa Barat juga memiliki peran penting dalam melakukan pemeliharaan budaya serta warisan lokal. Melalui karya seni dan desain yang dihasilkan para pelaku menjadikan nilai-nilai budaya dan tradisional Jawa Barat tetap dihargai dan dilestarikan. Penggunaan bahan baku lokal dan metode produksi tradisional juga membantu menjaga warisan lokal serta memberikan dukungan kepada produsen lokal. Pasar Kreatif Jawa Barat secara rutin mengadakan berbagai acara budaya, seperti pertunjukan musik daerah, tari tradisional, dan workshop seni yang berguna untuk lebih memperkenalkan budaya Jawa Barat kepada masyarakat luas, terutama pada generasi muda.

            Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca kajian UKMPR. Tidak lupa juga untuk kita sebagai generasi muda harus bisa mempertahankan dan memelihara budaya lokal salah satunya dengan membantu mendukung UMKM lokal yang kreatif. Have a great day.

 

Daftar Pustaka:

Arthadia, K. 2023. Pasar Kreatif Jawa Barat di Bandung: mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. URL: https://www.okocenews.com/travel/4209459625/pasar-kreatif-jawa-barat-di-bandung-mendorong-pertumbuhan-ekonomi-dan-pariwisata. Diakses tanggal 18 April 2024.

Ginting, A. M. 2017. Strategi pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat. Kajian. 22(1): 71-84.

Bolulembang. 2023. Pasar Kreatif Jawa Barat: surga wisata belanja dan kuliner baru di Bandung. URL: https://bolulembang.co.id/pasar-kreatif-jawa-barat-surga-wisata-belanja-dan-kuliner-baru-di-bandung/. Diakses tanggal 18 April 2024.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN UKMPR: Aroma Petrichor yang Menenangkan

“Trik Lolos Karya Tulis, PMW dan PKM”

KAJIAN UKMPR: Contract Farming: Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Krisis Pangan dan Stabilitas Ekonomi Harga Pasar untuk Mewujudkan Good Governance