KAJIAN UKMPR 3


๐Ÿ“–[KAJIAN UKMPR]๐Ÿ“–

Hallo guys
Whatsup✌✌??????
.
Hari ini kajian UKMPR balik lagi nihh, ayoo pada semangat yaa bacanyaaa๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
.
Nah buat hari Selasa ini ada kajian yang berjudul :
"Alasan Penentuan Waktu Sholat dari Pandangan Biologis"

Yuk disimak!
Semoga bermanfaat

"Alasan Penentuan Waktu Sholat dari Pandangan Biologis"

Oleh
Ristra Sefty Anggriani
Biologi, 2016.

Kalian yang beragama Islam pastinya sudah mengetahui waktu-waktu sholat wajib yang sudah diatur di dalam al-quran. Kali ini akan dibahas mengenai waktu sholat, namun dari sudut pandang biologis. Waktu sholat di berbagai tempat didasarkan pada posisi matahari karena pada saat itu terjadi perubahan lingkungan yang dapat berdampak pada manusia. Dampak perubahan cahaya pada tubuh manusia menyebabkan terjadinya pergiliran produksi melatonin dan serotonin di dalam tubuh. Melatonin sendiri adalah hormon yang membuat manusia mengantuk dan tertidur, sedangkan serotonin adalah salah satu neurotransmiter yang berfungsi menjaga tingkat kesadaran, mengendalikan pembekuan darah, mengatur suhu tubuh, mengatur selera makan dan mendukung daya ingat. Perubahan cahaya yang terjadi mengakibatkan tubuh kita harus beradaptasi, agar tingkat produksi melatonin dan serotonin sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Di sinilah waktu di mana memasuki sholat magrib dan sholat subuh. Sholat magrib akan membuat produksi melatonin optimal, agar istirahat malam menjadi efektif. Sholatlah juga pada saat terlihat cahaya fajar, yaitu sholat subuh. Sholat subuh akan membuat serotanin berproduksi optimal, agar tubuh bugar sepanjang hari.
Siang hari terjadi penurunan net radiasi yang mempengaruhi tingkat kesadaran otak. Net radiasi terus meningkat dari pagi dapat mengakibatkan getaran membran otak dan meningkatkan kesadaran diri, kemudian pada siang hari terjadi penurunan net radiasi tersebut. Penurunan net radiasi ini mengakibatkan adanya kekacauan dalam proses tukar menukar informasi antarsel otak. Ketika terjadi penurunan net radiasi, maka pada waktu ini kita dianjurkan untuk segera melakukan sholat zuhur. Sholat zuhur membantu otak kita menyegarkan kondisinya, sehingga setelah itu dapat beroperasi kembali secara optimal  dan kita dapat melanjutkan aktivitas dalam kondisi segar, serta tidak menimbulkan masalah.

Suhu lingkungan pada puncaknya bukan pada pukul 12.00, melainkan sekitar pukul 15.30. Kita yang terbiasa dan membuat persepsi bahwa sore hari lebih sejuk daripada siang hari. Ketahuilah ini suatu persepsi yang salah dan mata kita pun tertipu dengan keadaan sore hari. Sebenarnya pada sore hari terjadi peningkatan suhu lingkungan. Tubuh manusia mudah terpengaruh oleh perubahan suhu lingkungan, suhu lingkungan akan diserap menjadi panas oleh aliran darah di dalam tubuh. Panas yang dihasilkan membuat tubuh kita kekurangan ion negatif. Ion negatif berperan dalam menetralkan dampat dari ion positif. Ion positif akan menyebabkan kita mengalami rasa gelisah, mudah marah dan gejala-gejala penyakit. Maka dari itu, kita harus bersiap-siap menghadapi kondisi panas dan kurangnya ion negatif dengan cara sholat, yaitu sholat ashar. Sholat di sore hari menjaga otak tetep berfungsi secara normal dan tetap memproduksi happy massenger. Happy messenger yang terkandung dalam darah membuat otak kita dapat berpikir dengan tenang, jernih dan positif.
Malam hari terjadi net radiasi negatif yang mempengaruhi aktivitas otak. Otak melakukan proses gap junction dan binding. Kedua proses tersebut membantu kita untuk cepat bertindak tanpa adanya keraguan. Proses ini terjadi di saat kita menjelang tidur di malam hari. Adanya pengaruh net radiasi negatif akan menimbulkan persepsi negatif pada otak kita. Dengan demikian, kita membutuhkan sholat isya untuk mencegah timbulnya persepsi negatif.
Intinya, sholat dapat meningkatkan kecerdasan berpikir, mengoptimalkan dan membantu kerja otak, juga menjadikan kita selalu memiliki persepsi positif hari demi harinya. Hal-hal positif yang kita lakukan dapat menimbulkan lingkungan dan orang-orang di sekitar kita menjadi bahagia, selalu menebarkan senyum positif dan yang pasti selalu berpikiran positif.

~

Kabinet INTEGRASI
Never Give Up !

===
Jangan lupa pantengin terus medsos UKMPR ya!
๐Ÿ“ฑ  Fanspage Fb : Ukmpr Unsoed
๐Ÿ“ฑ  Instagram : @ukmpr.unsoed
๐Ÿ“ฑ  Line@ : @pvg0902f
๐Ÿ…ฑ  Blog : ukm-penalaranriset.blogspot.co.id

Salam Riset!!!
Sukses!!!

#kabinetintegrasi #ukmpr #unsoed #purwokerto
[MEDIA UKMPR 2018]

Komentar