KAJIAN UKMPR: Ketergantungan Perkembangan Teknologi pada Kemajuan Pendidikan
Salam Riset!!! Sukses!!!
Hello guys, kali ini kajian UKMPR Kembali hadir nih. Nah buat hari ini ada kajian menarik dari sahabat kita yang berjudul:
Ketergantungan Perkembangan Teknologi pada Kemajuan Pendidikan Elda Zaelita Nurul Raizma
Biologi (2022)
Semoga bermanfaat
Negara berkembang bisa dinilai melalui perkembangan teknologi yang pesat, dimana teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap negara untuk dapat memajukan banyak sektor dalam suatu negara. Salah satu sektor yang berpengaruh dalam perkembangan teknologi ialah pendidikan. Menurut Prima (2022), meningkatkan teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa kita terapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan, mulai dari handphone yang bermanfaat untuk mencari informasi tambahan dan memudahkan akses belajar.
Dikutip dari Sujarwo (2022), bahwa kualitas pendidikan di Indonesia saat ini memprihatinkan. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per
kepala yang menunjukkan bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 pada 1996, ke-99 pada 1997, ke- 105 pada 1998, dan ke-109 pada 1999. Bukti nyata dari kemerosotan pendidikan di Indonesia adalah terjadinya tawuran, tingkat pelajar maupun mahasiswa. Aksi tawuran yang biasanya dipicu masalah sepele, dampaknya sangatlah besar. Masyarakat di seluruh dunia akan menyaksikan lewat media cetak maupun elektronik amburadulnya pendidikan di Indonesia. Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi itu berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing yang rendah, hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia.
Suatu negara akan tertinggal jika kemajuan pendidikan tidak ada perkembangan. Sumber daya manusia akan memprihatinkan dan tidak bisa berkontribusi lebih jauh dalam kancah internasional, terutama dalam peningkatan teknologi. Mulai dari kurangnya informasi tambahan dari luar negeri hingga penggunaan fasilitas teknologi canggih seperti alat-alat elektronik yang dapat mensejahterakan masyarakat suatu negara. Kualitas Pendidikan yang tidak ada kemajuan membuat sumber daya manusia kurang berkembang sehingga menjadi salah satu faktor kurangnya perkembangan teknologi. Peran elemen suatu negara menjadi hal yang diwanti-wanti, termasuk mahasiswa, untuk dapat memajukan sumber daya manusia sehingga kemajuan Pendidikan dapat meningkat yang berdampak pada perkembangan teknologi.
Mahasiswa menjadi agent of change dalam anggota masyarakat. Pikiran kritis seorang mahasiswa menjadi semangat membara untuk melakukan perubahan yang berarti bagi negara. Melihat kondisi pendidikan Indonesia yang memprihatinkan, mahasiswa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi revolusi industri 5.0 sebagai sarana peningkatan kualitas pendidikan. Seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan system e-learning dalam proses pembelajaran, pengabdian mengajar di pelosok negeri dan memulai aksi bakti sosial untuk membantu pelajar-pelajar yang membutuhkan biaya dalam proses belajarnya. Sosialisasi penggunaan sistem e-learning dalam pembelajaran kepada masyarakat begitu banyak manfaatnya jika diterapkan nyata dalam proses belajar mengajar, di antaranya lebih mudah mendapat informasi tambahan, dapat meningkatkan kemampuan belajar, memudahkan akses belajar, dan materi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan minat belajar.
Kemajuan pendidikan yang dapat meningkatkan sumber daya manusia menjadi cita-cita suatu negara agar dapat bersaing di tingkat internasional termasuk dalam perkembangan teknologi. Jika suatu negara tidak mau meningkatkan perkembangan teknologi maka masyarakat akan mendapat fasilitas yang kurang memadai. Menjadi mahasiswa berarti siap untuk menjadi agent of change dalam anggota masyarakat. Melakukan aksi nyata seperti berupa sosialisasi maupun
pengabdian dapat menjadi harapan perubahan suatu negara untuk lebih maju dan lebih baik, termasuk dalam dunia Pendidikan.
Daftar Pustaka:
Sujarwo. 2022. Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Prima, S. Pentingnya Teknologi untuk Pendidikan. URL: https://stiaprima.ac.id/syscontent/quick_content/c81e728d9d4c2f636f067f 89cc14862c#:~:text=Penggunaan%20teknologi%20dalam%20pendidikan %20dapat,terlihat%20lebih%20variatif%20dan%20modern . Diakses tanggal 23 Maret 2023.
Suwarno. 2022. 5 Kesalahan Paling Umum Dilakukan Pendidik Dengan Teknologi Pendidikan. URL: https://pgsd.binus.ac.id/2022/05/07/5-kesalahan-paling umum-dilakukan-pendidik-dengan-teknologi-pendidikan/ . Diakses tanggal 23 Maret 2023.
Komentar
Posting Komentar