KAJIAN UKMPR: Animal Display: Peacock Spider (Maratus volans) Si Penari Hebat dan Kemalangannya

 

[KAJIAN UKMPR]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Hello guys, kali ini kajian UKMPR kembali hadir nih. Nah buat hari ini ada kajian

menarik dari sahabat kita yang berjudul:

Animal Display: Peacock Spider (Maratus volans) Si Penari Hebat dan Kemalangannya

DEA MUDRIKAH

Biologi Reguler (2020)

Yuk disimak!

Semoga bermanfaat

Perilaku didefinisikan sebagai aksi atau tindakan yang dapat mengubah pola hubungan atau interaksi antara suatu organisme dengan lingkungannya. Studi mengenai perilaku pada dasarnya memiliki kaitan yang sangat erat dengan disiplin ilmu lain. Perilaku hewan merupakan respon atas stimulus yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya, diantaranya stimulus akan makanan atau nutrisi, wilayah teritori yang terancam dan stimulus untuk menemukan pasangan. Membahas mengenai perilaku hewan, terdapat berbagai macam tipe perilaku pada hewan salah satunya yaitu penampilan hewan (Animal Display)

Animal display merupakan satu bentuk perilaku hewan yang berkaitan dengan pemilihan jodoh (sexual selection) dan perjuangan dalam keberlangsungan hidup (survival) spesies dengan berbagai cara yang berbeda. Display ini biasanya ditampilkan sebagai tanda-tanda sinyal kepada hewan lainnya yang biasanya masih dalam satu spesies yang sama. Animal Display ditujukan untuk berbagai macam tujuan diantaranya mencari makan, courtship (berkencan), dan melindungi diri dari musuh. Tulisan ini akan membahas mengenai salah satu bentuk Animal Display pada Peacock Spider (Maratus volans) yaitu courtship display. 

Laba-laba merak (Maratus volans) atau biasa disebut dengan Peacock Spider merupakan jenis laba-laba dari famili Salticidae. Habitatnya berupa permukaan batang kayu atau pohon dan permukaan tanah. Tubuhnya terbagi menjadi dua bagian yaitu prosma yang merupakan gabungan kepala dan dada serta ophitosma yaitu bagian perut. Laba-laba merak jantan ukurannya sangat kecil, rata-rata panjangnya 2.5 mm dan lebarnya 1.7 mm. Laba-laba ini bahkan tidak akan merasa kesempitan jika berjalan-jalan di atas kuku kita. Seperti hewan pada umumnya, Peacock Spider ini juga memiliki perilaku courtship display. Perilaku yang dilakukan oleh laba-laba merak ini yaitu dengan cara merayu betina atau menarik perhatian betina dengan cara melambaikan kaki-kakinya, menggetarkan perutnya dan bergerak kesana kemari. laba-laba merak jantan melambai-lambaikan penutup perut yang dihias dan memanjangkan kaki ketiga ke betina di dekatnya. Salah satu ciri khas mengapa laba-laba ini disebut laba-laba merak yaitu keberadaan kelopak penutup pada tubuhnya yang berwarna-warni indah dan pada saat akan melakukan display kelopak itu akan terangkat dan mengembang layaknya burung merak. Apabila display itu berhasil maka betina akan tertarik dan mereka akan melakukan perkawinan. 

Tahukah kalian, setelah melakukan perkawinan laba-laba betina terkadang akan memangsa laba-laba jantan. Alasannya adalah kebutuhan nutrisi bagi si betina dan rasa lapar betina setelah melakukan mating atau perkawinan. Betina akan memangsa jantan, apalagi pejantan yang berukuran sangat kecil. Hal ini terjadi karena sifat kanibalisme yang terdapat pada betina. Selain itu, seekor pejantan bisa mengawini beberapa betina oleh karena itu tak heran jika terjadi peristiwa memangsa yang dilakukan oleh si betina. Faktor lainnya yang menyebabkan hal ini terjadi adalah ketidakmampuan betina dalam membedakan pejantan yang membawa sperma dengan pejantan yang membawa mangsa oleh karena itu betina akan memangsa tubuh pejantan karena mengira bahwa itu adalah mangsanya. 

Wah ternyata kajian ilmiah kali ini udah lumayan panjang yaa. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca setia kajian ilmiah UKMPR dan semangat menjalani hari-hari dengan dengan semangat positif and have a nice day



Daftar Pustaka:

Amrullah, S. H., Dirhamzah, D., Rustam, A., & Hasyimuddin, H. 2021. Tinjauan Umum Perilaku Hewan Di Indonesia Dan Integrasi Keilmuannya. Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, 15(1), 1-8.

Girard, M. B., Elias, D. O., & Kasumovic, M. M. 2015. Female preference for multi-modal courtship: multiple signals are important for male mating success in peacock spiders. Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, 282(1820), 20152222.

Pouydebat, E. 2019. Atlas of Poetic Zoology. MIT Press.


☺ Have a nice day thank u for reading!

KABINET ANGGARAKSA!

BERSAMA KITA BISA!

Jangan lupa staytune terus medsos UKMPR yaa

Fanspage fb : Ukmpr Unsoed

Instagram : @ukmpr.unsoed

Line : @pvg0902f


Komentar