KAJIAN UKMPR: Menuju Era Nanoteknologi : Dare to leap

 


[KAJIAN UKMPR]

Salam Riset!!! Sukses!!!

Hello guys, kali ini kajian UKMPR kembali hadir nih. Nah buat hari ini ada kajian

menarik dari sahabat kita yang berjudul:

Menuju Era Nanoteknologi : Dare to leap

FAJAR FATKHURROHMAN

Biologi Reguler (2021)

Yuk disimak!

Semoga bermanfaat

Nanoteknologi merupakan suatu teknologi yang berbasis rekayasa materi dengan skala nano (1 - 100 x 10-9 meter) yang dikenalkan pertama kali oleh seorang fisikawan bernawa Richard Feymann pada tahun 1959 dalam karyanya yang berjudul “There’s Plenty of Room at the Bottom”. Ide ini awalnya dianggap lelucon hingga 20 tahun kemudian seorang ilmuan bernawa Erix Drexler menjelaskan secara spesifik mengenai suatu konsep kontruksi sebuah mesin yang sangat kecil dari himpunan atom-atom dan kemudian memperkenalkan istilah nanoteknologi pada bukunya yang berjudul ”Engines of Creation: The Coming Era of Nanotechnology” (Fidiani, 2021). Konsep utama nanoteknologi adalah memanipulasi material dengan ukuran ≤100nm untuk kemudian digunakan sebagai material penyusun partikel makro fungsional yang secara fundamental berbeda dengan bulk material (Prasetyo, 2020). 

Penerapan nanoteknologi saat ini telah mencangkup berbagai macam bidang seperti militer, kesehatan, pertanian, industri dan banyak bidang lainnya. Keunggulan nanoteknologi yaitu memiliki dampak yang signifikan di hampir semua industri dan bidang masyarakat karena menawarkan 1) dibangun lebih baik, 2) lebih aman dan lebih bersih, 3) lebih tahan lama dan 4) lebih pintar. Berikut beberapa contoh penerapan nanoteknologi, yang pertama di bidang militer nanoteknologi dikembangkan menjadi armor dan juga baju tempur yang memiliki efisiensi tinggi berupa daya tahan yang tinggi akan tetapi memiliki ukuran dan bobot yang ringan berkat manipulasi partikel nano seperti polymer nanocomposite (Sadiku et al., 2021). Kemudian pada Nanomedicine atau penerapan nanoteknologi dibidang kesehatan secara khusus, digunakan dalam proses mencegah, mendiagnosis, memantau, dan mengobati penyakit. Nanoteknologi menunjukkan potensi yang signifikan di bidang kedokteran, termasuk dalam teknik pencitraan dan alat diagnostik, sistem penghantaran obat, konstruksi yang direkayasa jaringan, implan dan terapi farmasi , dan memiliki perawatan lanjutan untuk beberapa penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, muskuloskeletal kondisi, penyakit kejiwaan dan neurodegeneratif, infeksi bakteri dan virus, dan diabetes . Jenis nanopartikel yang digunakan pada bidang ini yaitu micelles, liposomes, dendrimers, carbon nanotubes, metallic nanoparticles, dan quantum dots (Sim & Wong, 2021). Pada bidang industry pangan digunakan sebagai nanostruktur anticaking agents, nano-additives, delivery system for nutraceuticals dan lain-lain (Sahani & Sharma, 2021). Kemudian pada bidang pertanian, digunakan sebagai sensor kualitas tanah, enkapsulasi, pembuatan pupuk dan lainnya (Joshi et al., 2019).

Di masa yang akan datang teknologi nano ini akan semakin berkembang dan semakin sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi ini memiliki banyak manfaaat akan tetapi dapat juga memberikan dampak negatif apabila digunakan oleh orang tidak bertanggungjawab untuk membuat produk nanoteknologi yang berpotensi membawa kehancuran seperti peperangan. Oleh karena itu dengan kemajuan teknologi ini diharapkannya manusia akan tetap memperhatikan etik, dan norma-norma yang berlaku.

Wah ternyata kajian ilmiah kali ini udah lumayan panjang yaa. Semoga

tulisan ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca setia kajian ilmiah UKMPR dan

semangat menjalani hari-hari dengan dengan semangat positif and have a nice day

☺ Have a nice day thank u for reading!


Daftar Pustaka:

Fidiani, E. 2021. Mengenal Lebih Dekat Dunia Nano di Era Nano Teknologi. https://unpar.ac.id/mengenal-lebih-dekat-dunia-nano-di-era-nanoteknologi/ (diakses pada 3 April 2023).

Joshi, H., Choudhary, P., & Mundra, S.L. 2019. Future prospects of nanotechnology in agriculture. Int. J. Chem. Stud, 7(2): 957-963.

Prasetiyo, K.W. 2020. Aplikasi Nanoteknologi dalam Industri Hasil Hutan (Application of Nanotechnology in Forest Products Industry). Akar, 2(1): 15-26.

Sadiku, E.R., Agboola, O., Mochane, M.J., Fasiku, V.O., Owonubi, S.J., Ibrahim, I.D., ... & Ndamase, A.S. 2021. The Use of Polymer Nanocomposites in The Aerospace and The Military/Defence Industries. In Research anthology on military and defense applications, utilization, education, and ethics. 1(1): 323-356

Sahani, S., & Sharma, Y. C. 2021. Advancements in Applications of Nanotechnology in Global Food Industry. Food Chemistry, 1(1): 342

Sim, S., & Wong, N. K. 2021. Nanotechnology and Its Use in Imaging and Drug Delivery. Biomedical reports, 14(5): 1-9.

=======================

KABINET ANGGARAKSA!

BERSAMA KITA BISA!

Jangan lupa staytune terus medsos UKMPR yaa

Fanspage fb : Ukmpr Unsoed

Instagram : @ukmpr.unsoed

Line : @pvg0902f


Komentar